Medis

421561_415888575167432_2022176785_nSejarah Perintisan

Pada tanggal 5-9 Juli 1979, beberapa mahasiswa Kristen Fakultas Kedokteran UKRIDA dan UNIKA (Atmajaya) mengikuti Kamp Medis I di Nongkojajar dan kemudian mengikuti Indo-Pacific Christian Medical Students Conference di Perth, Australia. Sekembali mereka dari Kamp Medis dan Konferensi tersebut, mereka sangat merindukan adanya suatu wadah bagi mahasiswa/i kedokteran/kedokteran gigi untuk bersekutu bersama menggumuli keberadaan mereka sebagai orang-orang Kristen di dunia medis. Mereka mulai mengadakan pertemuan pada tanggal 1 Oktober 1979. Pertemuan-pertemuan mereka diisi dengan doa, pemahaman Alkitab, dan merencanakan diadakannya Kamp Medis II.

Setelah Kamp Medis II tanggal 9-14 Agustus 1980 di Lembang, pertemuan mereka diselenggarakan lebih terarah walaupun pengorganisasian masih sangat sederhana. Persekutuan diadakan sebulan sekali untuk umum dengan mengundang pembicara, dan persekutuan inti diadakan setiap 2 minggu sekali.

Para perintis Persekutuan Medis ini merindukan agar setiap mahasiswa FK dan FKG serta dokter/dokter gigi Kristen mendapat pembinaan dan latihan pelayanan yang spesifik sehingga mereka dapat lebih dipersiapkan dalam menjalankan tugas mereka sebagai orang Kristen yang dipercayakan Allah di dunia medis, sehingga Kerajaan Allah dapat dihadirkan ditengah-tengah masyarakat dan dunia medis khususnya.

Demikianlah mereka kemudian membentuk suatu Persekutuan Medis di Jakarta pada tanggal 27 Oktober 1980 yang kemudian disebut PMdKJ (Persekutuan Medis Kristen Jakarta) yang bergabung di bawah naungan Perkantas.