Alumni

Sejarah Perintisan

Persekutuan alumni dirintis oleh Dr. Iman Santoso pada tahun 1981. Iman Santoso bersama Ibu Lea (istrinya) pindah ke Perkantas Jakarta dari Perkantas Surabaya dan kemudian mengadakan pembinaan melalui eksposisi Alkitab untuk alumni setiap bulan sekali bertempat di rumah mereka, Jl. Bhineka, Cawang. Kegiatan pembinaan ini lalu berpindah tempat di STT Jakarta. Alumni yang setia mengikuti pembinaan ini antara lain Siska Tampenawas, Lenny Wibawa, Yoki Santosa. Setelah Iman Santoso studi teologia ke luar negeri, persekutuan alumni dipegang oleh Tim Pengurus, di mana ketua pertamanya adalah Robert Tobing yang kemudian digantikan oleh Andry Pakan untuk periode 1989-1991. Pada tahun 1991-1993 Rudi Purwanto menjadi ketua PAKJ. Pada periode ini diadakan persekutuan bulanan tiap Jumat ke-2, yang membahas topik-topik penting yang bersifat teologis dan praktis. Kegiatan ini bertempat di Gereja Anglikan, Jakarta Pusat. Selain persekutuan bulanan ini juga diadakan Eksposisi Alkitab/Bible Study PAKJ (1 kali sebulan). Dengan adanya pembinaan dalam bentuk eksposisi ini, maka persekutuan alumni menjadi 1 kali dua minggu, di mana eksposisi Alkitab diselingi dengan persekutuan bulanan. Alkitab yang dibahas dalam pembinaan ini antara lain: Kisah Para Rasul, Yunus, dll.

Untuk memperlengkapi alumni dalam dunia kerja pada tgl 28-30 Agustus 1993 diadakan Seminar dan Pelatihan di Wisma Pengerukan, Cisarua. Acara ini dipimpin antara lain oleh Drs. Christianto Wibisono, Luhut Sagala, V.M Sagala, dkk. Pola persekutuan bulanan yang membahas topik-topik penting dan diselingi dengan pembinaan melalui eksposisi tersebut diteruskan oleh pengurus berikutnya, yaitu oleh Yohanes Siregar-Martin Marpaung, dkk (1994-1995), Bona Tampubolon, dkk (1995-1996). Pada tahun 1997 Persekutuan Alumni yang berjalan secara rutin dan diikuti oleh rata-rata 40-80 orang ini akhirnya dihentikan. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan visi dari pengurus BPU tentang penting tidaknya alumni untuk dilayani oleh Perkantas.

Masa vakum ini ternyata mengakibatkan masalah yang sangat serius bagi alumni, khususnya bagi alumni-alumni baru. Mereka bukan saja tidak memiliki sarana yang tetap untuk melayani, tetapi juga tidak memiliki sarana untuk bersekutu dan bertumbuh sebagaimana sebelumnya. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, termasuk dengan membentuk TPPM (Tim Pendamping Pelayanan Mahasiswa) di mana alumni dapat terlibat untuk melayani. Selain ini, program penilik persekutuan kampus juga menjadi sarana persekutuan dan pembinaan bagi alumni, meskipun hanya dapat diikuti oleh jumlah terbatas.

Pada bulan Agustus 2000 diadakan Kamp Nasional Alumni, bersamaan dengan Kamp Nasional Mahasiswa di Wisma Kinasih, Caringin, Sukabumi. Adanya kamp tersebut kembali membangun semangat alumni untuk bersekutu kembali. Karena itu, sebagai tindak lanjut dari Kamp tersebut, Daniel Adipranata (staf mahasiswa) dan sekelompok alumni (Ratna Hutabarat, dkk.) kembali mempersiapkan segala sesuatunya untuk menjajaki kemungkinan mengadakan persekutuan bulanan kembali. Puji Tuhan, 8 bulan setelah Kamp Nasional tersebut, pada tanggal 6 April 2001 persekutuan perdana kembali diadakan, yang mengambil tempat di Gereja Anglikan, Jakarta Pusat. Ternyata persekutuan ini mendapat respon yang sangat besar dari alumni. Hal itu terlihat dari jumlah yang hadir lebih dari 100 orang. Persekutuan tersebut telah berjalan 3 kali dengan rata-rata yang hadir 100 orang. Persekutuan bulanan ini umumnya diikuti oleh alumni baru (di bawah lima tahun lulus dari kampus). Sedangkan alumni lama diusahakan mengadakan pendekatan khusus, yang ditangani secara khusus oleh Staf senior, Tadius Gunadi. Kiranya melalui segala doa dan berbagai usaha, para alumni --baru maupun lama-- tetap terpelihara dan bertumbuh dalam imannya. Dengan demikian, alumni yang menjadi 'hasil' pembinaan Perkantas, yang dibina sejak siswa-mahasiswa (selama 6-10 tahun) dapat menjadi berkat bagi keluarga, gereja, masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Visi

Adanya alumni yang hidup mengenal Kristus, bertumbuh menjadi murid Tuhan yang taat, tangguh dan menjadi teladan sehingga hidupnya menjadi berkat yang nyata bagi keluarga, gereja dan masyarakat.

Tujuan Jangka Panjang

  1. Memperlengkapi pra alumni untuk siap memasuki kehidupan alumni.
  2. Membantu alumni menghadapi masa transisi dalam kehidupannya.
  3. Mempertajam peran dan panggilan Alumni sehingga dapat memberikan kontribusi yang tepat dalam dunia kerja, keluarga, gereja, pelayanan mahasiswa, bangsa dan negara.

Karakteristik Alumni yang Diharapkan

  1. Makin mengenal Tuhan dan kehendakNya. (mandiri dalam pertumbuhan)
  2. Menjadi alumni yang dewasa yang memiliki kesiapan mental, moral, nilai-nilai, wawasan, karakter,& ketrampilan yang memampukan menghadapi tantangan kehidupan alumni
  3. Mampu melaksanakan mandat keselamatan dan mandat budaya dgn baik di tempat kerja, gereja, keluarga dan masyarakat.

Sasaran Khusus

  1. Adanya pra alumni dan alumni yang berpegang pada Firman Tuhan sehingga siap dan mampu menghadapi kehidupan alumni dan tantangannya.
  2. Para alumni memiliki wawasan mengenai peluang/kontribusi yang dapat diberikan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Pra alumni maupun alumni memiliki suatu wadah yang efektif (KTB) dan berkualitas untuk terpeliharanya pertumbuhan rohani mereka.

Fungsi dan Peran PAKJ

Dalam pelayanannya PAKJ akan menjalankan fungsi dan peran sebagai :

  • Fasilitator : Menyediakan wadah pembinaan rohani seperti Persekutuan rutin, KTB, training/seminar/retreat
  • Mediator : Sebagai pusat informasi (mis. Pembicara, pembinaan-pembinaan di luar)
  • Menjalankan fungsi jaringan/networking antar PAK di Jakarta

 

Jadwal Rutin

PAKJ PusatPAKJ BaratPAKJ Timur
Setiap Sabtu (Minggu 1)
Pukul 18.30-21.00 WIB
Tempat : All Saints Anglican Church

CP:
Ekky 08170118898

Setiap Sabtu (Minggu 2)
Pukul 14.00-16.00 WIB
Tempat : APL TOWER lantai 8, Jalan Letjen S. Parman kav. 28 Tanjung Duren Selatan, Grogol

CP:
Juwita 083813873457

Setiap Sabtu (Minggu 3)
Pukul 18.30-21.00 WIB
Tempat : Ruang Sidang FT Universitas Kristen Indonesia (UKI) Cawang

CP:
Iko 08997906481