Sejarah

Sejarah Perkantas Jakarta tidak dapat terpisahkan dari sejarah awal mula dirintisnya Perkantas di Indonesia.

Pelayanan Perkantas dimulai ketika pada pertengahan tahun 1960-an, Tuhan memberikan visi kepada tiga mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Australia untuk membangun pelayanan mahasiswa di negara asal mereka. Mereka adalah Jonathan Parapak, Soen Siregar, dan Jimmy Kuswadi, yang mengenal Tuhan dan mengalami pembinaan sewaktu masih di Australia.

Ketika kembali ke Indonesia, mereka merealisasikan panggilan Tuhan itu, yakni membentuk kelompok-kelompok doa dan kelompok PA dalam rangka pembinaan/pemuridan kepada mahasiswa di kota Jakarta. Lalu pada tanggal 29 Juni 1971, pelayanan Perkantas secara resmi didaftarkan badan hukumnya dengan Soen Siregar sebagai Ketua dan Jimmy Kuswadi sebagai staf penuh waktu.

Kini, Perkantas tersebar di puluhan kota diseluruh Indonesia, terdiri dari 14 Badan Pengurus Cabang/BPC, 13 Badan Pengurus Perwakilan/BPP, 20 Badan Pengurus Ranting/BPR, dan 30 lebih kota perintisan, dilayani oleh lebih dari 200 staf penuh waktu yang dibantu oleh alumni yang terlibat aktif dalam pelayanan. Biarlah Tuhan terus berkarya di dalam dan melalui umat-Nya. Soli Deo Gloria!